adonara plan indonesia

Plan International Indonesia Serahkan Tabungan Untuk 8900 Anak di Lembata

LTV-News – Lewoleba Plan International Indonesia Program Unit Lembata menyerahkan celengan dan buku tabungan simpanan pelajar (simpel) untuk 8.900 anak dampingan yang tersebar di 79 desa di Kabupaten Lembata, Jumat (25/09/2015).

Siaran Pers Plan International Indonesia Program Unit Lembata menjelaskan Penyerahan celengan dan buku tabungan ini dilakukan secara simbolis saat Launching Program Youth Economic Empowerment (YEE), kerja sama Plan dengan Kopdit Ankara di Lewoleba.

“Pemberian celengan maupun buku tabungan simpanan pelajar ini diharapkan menjadi pendorong yang bisa membangkitkan motivasi anak buat menabung. Ini adalah bagian dari pendidikan pengelolaan keuangan,” kata Muhammad Thamrin, Program Unit Manager Plan International Indonesia PU Lembata.

Menurutnya, ada empat hal penting dalam financial education bagi anak dan keluarga, yaitu merencanakan keuangan untuk masa depan, mengelola uang jajan, pencatatan keuangan, dan belajar menabung.

Plan menunjuk Kopdit Ankara sebagai mitra untuk program ini, karena Kopdit Ankara memiliki petugas sampai tingkat desa. “Staf lapangan mereka rutin mengunjungi desa-desa,” lanjut Thamrin.

Fransiskus Nurani sebagai General Manager Kopdit Ankara mengatakan, proyek ini merupakan model kolaborasi yang bisa menjadi inspirasi untuk wilayah lain. Ini adalah gebrakan nyata buat anak-anak.

“Anak-anak bisa secara mandiri menabung untuk bekal pendidikan mereka. Pesta bisa menjadi budaya, kenapa menabung tidak bisa jadi budaya?” lanjut Fransiskus..

Wakil Bupati Lembata, Viktor Mado Watun mengatakan model kerja sama seperti ini adalah ide yang cerdas. Pemerintah seharusnya bisa mencontoh apa yang telah dilakukan oleh Plan International dan kopdit Ankara karena ini adalah bentuk pembinaan terhadap masyarakat buat menabung.

“model seperti ini sebenarnya harus dicontoh oleh dinas PPO, kalau dana Bos dimanfaatkan juga buat tabungan pelajar pasti hasilnya sangat luar biasa sekali” pungkas Viktor.

Plan adalah organisasi internasional pengembangan masyarakat dan kemanusiaan yang berpusat pada anak, tidak berafiliasi dengan pemerintahan, sistem politik ataupun agama tertentu. Program sponsorship anak merupakan dasar organisasi. Plan mengawali kegiatan di Indonesia pada tahun 1969. Saat ini, Plan bekerja di 4 propinsi (Jakarta, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur) dan mensponsori lebih dari 50.000 anak.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You might also likeclose