KTP milik Nabi, warga Desa Bulangan Timur, Kecamatan Pegantenan, Pamekasan.
KTP milik Nabi, warga Desa Bulangan Timur, Kecamatan Pegantenan, Pamekasan.

Dukcapil Pekerjakan 151 Pegawai di Desa Lembata

LTV-News-LEWOLEBA – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lembata, ini mempekerjakan 151 pegawai di desa-desa se-Kabupaten Lembata. Cara itu untuk memantau perkembangan penduduk secara riil dari waktu ke waktu.
“Kami sudah merekrut 151 tenaga kontrak dan saat ini mereka bekerja di desa-desa. Namanya petugas registrasi penduduk. Tugas mereka adalah mendata perkembangan penduduk secara on time di desa masing-masing. Terobosan ini kami lakukan untuk mendapatkan data riil jumlah penduduk di Lembata.”
Demikian Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Lembata, Wens Pukan, kepada Pos Kupang di Lewoleba, Minggu (8/11/2015) siang. Ia dihubungi terkait data riil kependudukan, menyongsong pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) yang akan segera dimulai.
Dikatakannya, selama ini pantauan pemerintah terhadap perkembangan jumlah penduduk senantiasa mengalami banyak hambatan. Data tentang penduduk pun kerap tidak akurat. Hal tersebut berlangsung cukup lama bahkan sampai dengan saat ini.
Sebagai contoh, lanjut Wens, ada penduduk yang pindah ke tempat lain, misalnya, tak dilaporkan kepada pemerintah. Ada warga yang mencoba mengadu nasib dengan merantau ke daerah lain, bahkan ke negara lain pun, tidak dilaporkan kepada pemerintah.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You might also likeclose