UNJUK KEBOLEHAN - Para bidan mengunjung kebolehannya saat puncak acara HKN Tingkat Kabupaten Lembata di Waipukang, Kecamatan Ile Ape, Kamis (12/11/2015) siang. Mereka membawakan tarian Taan Tou
UNJUK KEBOLEHAN - Para bidan mengunjung kebolehannya saat puncak acara HKN Tingkat Kabupaten Lembata di Waipukang, Kecamatan Ile Ape, Kamis (12/11/2015) siang. Mereka membawakan tarian Taan Tou

Bidan-Perawat Harus Berkaca Diri

Wakil Bupati Lembata, Viktor Mado Watun, mengatakan, hari kesehatan nasional yang dirayakan kali ini harus menjadi moment bagi dokter, perawat dan bidan untuk berkaca diri, seperti apa pelayanan kesehatan yang dilakukan selama ini.

“Ini kesempatan baik bagi kita semua, terutama bagi bidan dan perawat serta pegawai yang berbakti di lingkungan kesehatan, agar bercermin diri, merenungi kembali apa yang telah dilakukan selama ini. Selain itu segera mengubah diri agar memberikan yang terbaik bagi masyarakat, khususnya pasien yang dilayani,” ujar Wabup Mado saat memberikan sambutannya pada HKN tersebut.

Dikatakannya, saat ini masyarakat semakin mengerti akan arti pentingnya lingkungan yang sehat dan bersih. Itu tampak dari semakin banyak desa di Lembata yang sudah menerapkan pola hidup seturut ajaran Plan Internasional, melalui program sanitasi total berbasis masyarakat (STBM).

Program ini, lanjut Wabup Mado, demikian bagus lantaran menjadikan masyarakat mengerti bagaimana caranya mencegah penyakit. Penyakit itu sesungguhnya bisa dijauhkan jikalau masyarakat senantiasa mengikuti pola hidup sehat.

Di Kabupaten Lembata ini, lanjut dia, baru 60-an desa di dua kecamatan yang sudah menerapkan pola STBM. Dua kecamatan itu, yakni Lebatukan dan Kecamatan Ile Ape Timur. Sedangkan di Kedang, pola tersebut kini sedang dilakukan. Itu berarti yang harus diterapkan ke depan, adalah desa STBM secara menyeluruh, yang diikuti dengan kecamatan STBM.

Untuk hal tersebut, Wabup Mado Watun juga sempat menanyakan kehadiran para camat pada acara HKN tersebut. Ia mengatakan, semua camat di Lembata sudah diberikan mobil operasional, namun untuk menghadiri acara tersebut, masih ada camat yang memilih tidak hadir. (*)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You might also likeclose